Kamis, 09 Oktober 2008

Proteksi peralatan Bluetooth anda.

Hallo semua pecinta d-juntak.blogspot, dengan niat yang baik Tulang/Amang Uda ingin memberi sedikit informasi yang mungkin berguna bagi semua pecinta blogspot ini. Mudah-mudahan mendapat respond yang baik dan tidak dikecam.

Hampir setiap peralatan telepon genggam atau telepon pintar (smart phones) dilengkapi dengan fasilitas Bluetooth. Bluetooth adalah salah satu tehnologi yang digunakan untuk mentransfer data. Walaupun dianggap aman karena ia memiliki alat kontrol yang kuat dengan cara pengautentikan, otorisasi dan pengacak (encryption), kalau tidak digunakan dengan cara yang aman akan menyebabkan ketidak tersediaan jasa pelayanan atau kehilangan data.

Beberapa tip untuk mengamankan peralatan Bluetooth:


  1. Buat agar jasa pelayanan Bluetooth siap/bisa digunakan (“enable”) ketika diinginkan saja.

  2. Buat konfigurasi peralatan Bluetooth dengan mode “tidak dapat ditemui / dicari” orang, hingga peralatan tersebut tidak terdaftar di daftar cari (search listing) dari peralatan Bluetooth pihak lain.

  3. Apabila mungkin, gunakan peralatan Bluetooth dengan menggunakan nomor sandi dengan enam atau delapan digit atau nomor sandi gabungan antara nomor dan alphabet (kalau didukung/mampu dilakukan oleh telepon genggam tersebut).

  4. Jangan di pasangkan dengan peralatan yang tak dikenal, terutama, di ruang publik/umum.

  5. Jangan terima file atau message (pesan) dari peralatan yang tidak dikenal, karena mungkin itu adalah virus atau ulat (worms) yang berbahaya, contohnya : Cabir

  6. Pastikan bahwa Bluetooth yang memperlihatkan nama peralatan telepon genggam tidak menunjukkan identitas anda.

  7. Lepaskan peralatan tersebut dari peralatan telepon genggam anda, kalau peralatan lain tersebut dicuri orang.

  8. Sebagai Proteksi tambahan, solusi penggunaan anti virus dan pemutahiran pengamanan (security updates) dari penjual/pemasok utama seperti F-Secure, Trend Micro dll. bisa digunakan kalau didukung oleh (bisa/memungkinkan untuk diinstal di) peralatan tersebut.

Naskah Kiriman Tulang Elisa






Tidak ada komentar: