Minggu, 28 September 2008

Keamanan Computer Laptop dan Desktop

Nakah Kiriman Tulang Elisa (Pakar IT)
Hallo d-juntak fans, ini ada beberapa tip yang perlu untuk disimak dan digunakan bilamana dirasakan perlu.

Selalu penting untuk mengamankan computer anda, baik di kantor maupun dirumah untuk berbagai alasan. Sekarang lebih penting lagi untuk mengamankan computer anda karena banyaknya ancaman yang berkaitan dengan terorisme. Teroris bisa menggunakan computer anda untuk mengirim e-mail. Anda ditangkap padahal anda sendiri tidak tahu apa-apa. Anda dapat memprotek computer anda dengan langkah-langkah berikut ini:

1. “Enable” Firewall, Automatic Updates dan Antivirus: (Start -> Control Panel -> Security Center). Pastikan bahwa ketiga opsi tersebut pada posisi enable dan tampak dalam Warna Hijau. Antivirus harus di update secara regular (tiap hari) dan secara automatic.

2. “Disable” Internet Connection Sharing: My Computer -> My Network Connections -> klik kanan the network (seluruhnya, satu demi satu) -> Properties -> Advanced -> Disable / Uncheck. Biarkan pengguna network yang lain melalui koneksi Internet computer ini. -> OK

Bagaimana mengamankan Wi-Fi Internet dirumah anda.

Teroris bisa masuk (hack) koneksi internet nirkabel (wireless internet) yang di install dirumah dan mengirim e-mail yang kalau di lacak balik merujuk ke laptop milik seseorang yang tidak tahu menahu tentang pengiriman e-mail tersebut.

Dikenal dengan sebutan Wi-Fi, Internet nirkabel sangat mudah untuk di set up dirumah dan sangat praktis sekali bagi pengguna laptop / PDA untuk menggunakan Internet dari berbagai lokasi di rumahnya. Namun, kalau tidak di “aman” kan sebagaimana mestinya, jaringan Wi-Fi ini dapat digunakan oleh orang lain disekitar rumah anda – anda akan membayar koneksi Wi-Fi yang digunakan orang lain tersebut! Selain itu, ada resiko lainnya yang lebih besar yaitu aktivitas yang dilakukan oleh orang lain tersebut seperti mengirim e-mail akan dilihat oleh penerima benar-benar dikirim oleh anda.

Sebagai tambahan, selain di rumah Wi-Fi juga di install di Kantor-kantor dan tempat-tempat Umum seperti Bandara, Hotel, Restoran dll.

Untuk kali ini hanya diberikan cara pengamanan Wi-Fi di rumah anda. Wi-Fi dirumah anda dapat di proteksi dengan langkah-langkah sederhana berikut ini:

1) Rubah Sandi Administrator baku (default) di laptop anda (biasanya “admin”) dan Username (“admin”) – buat sandi anda dengan sedikitnya delapan karakter dengan nomor nomor dan (dicampur dengan) special karakter. Hal ini perlu agar “hacker” sulit untuk mengira-ngira atau meniru bahkan walaupun hacker tersebut menggunakan program computer untuk mengetahui nomor sandi yang anda buat.

2) Hidupkan (buat pada posisi ON) opsi Encryption (pilih WPA atau WEP)

3) Rubah nama jaringan Wi-Fi baku (default)nya (SSID)

4) Sembunyikan nama jaringan Wi-Fi dengan cara membuat “disable” opsi SSID Broadcast.

5) Ijinkan hanya untuk computer / PDA yang dikenal saja untuk bisa konek dengan membuat “disable” “Auto-connect to open Wi-Fi networks”

6) Matikan (buat pada posisi OFF) peralatan Wi-Fi waktu tidak digunakan.

6 komentar:

ri3ckesaulya mengatakan...

Tulang..... Irene protes, aku sudah low bat dari reni jaya, untuk membuktikan artikel tulang tentang baterai cadangan ternyata nol besar, sekarang Irene lagi bete di PIM soalnya HP mati. Kalau tau mendingan di charge dulu di rumah baru berangkat. gimana sich masukin artikel belum di uji coba dulu.

James mengatakan...

Ir, Irene nggak baca dicatatan pada naskah tersebut (paling bawah)ya. Tulang bilang Tulang sudah coba tapi tidak berhasil (menggunakan Nokia N70), lalu Tulang bilang bahwa mungkin hanya bisa untuk type Nokia tertentu (seperti misalnya N95 / Communicator), dalam catatan itu juga Tulang minta feedback kalau ada yang berhasil. Harus dibaca seluruhnya dong Ir.

James mengatakan...

Kak Ir, itu tadi yg comment Daddy.. Soalnya account Daddy lagi error.. Jadi make punyaku dulu dech..

ri3ckesaulya mengatakan...

sip dech pakar IT kita ini. Ok penjelasannya diterima. Tulisan tentang computernya hebat juga ya tulang kita ini. Ronny

James mengatakan...

Bukan "Pakar IT" tapi "Distributor Informasi IT". Thanks.

Unknown mengatakan...

Tulang aku udah baca berkali2 tapi kk ngak ada juga ya tulisan tulang yg isinya tulang udah coba di n70 tapi ngak bisa aku coba di n95 juga ngak bisa kok